Sabtu, 07 Mei 2016

Tugas 3.2 Pengantar Web Science - Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web

Sebelum masuk ke Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web. Kita harus mengetahui apa itu komunikasi pembelajaran ? Komunikasi pembelajaran adalah proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain supaya mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien. 

Macam – macam Komunikasi pembelajaran

Ada 2 jenis yaitu :

1.      Secara Langsung
Seorang guru/dosen memberikan pelajaran secara langsung dengan bertatap muka dengan para siswa dalam suatu ruangan ataupun di luar ruangan dalam konteks pembelajaran. Seperti yang terjadi di sekitar kita mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

2.      Secara Tidak Langsung
Guru/dosen dapat memberikan suatu pembelajaran melalui suatu media tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan siswa. Dan siswapun dapat memperoleh informasi secara luas melalui media tersebut. Seperti model sekolah jarak jauh yaitu memanfaatkan media internet sebagai alat untuk pembelajaran.

Contoh Komunitas pembelajar berbasis web  adalah http://clearos.or.id/. Clearos adalah sebuah situ komunitas yang  didesain khusus untuk digunakan sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka berbasis web



Komunitas pengguna Linux Server ClearOS Indonesia. Didirikan pertama kali tanggal 25 Agustus 2010 dengan tujuan menjadi wadah komunikasi dan diskusi bagi para pengguna Linux ClearOS di Indonesia.

ClearOS adalah linux server yang digunakan untuk level Perusahaan, Kantor, Organisasi, Lembaga pendidikan dan penggunaan peribadi. Ada dua pilihan versi ClearOS yaitu ClearOS Community yang bersifat gratis dan ClearOS Professional yang berbayar dengan dukungan teknis resmi.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar