Kamis, 19 Januari 2017

Bab 4 - Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM

Memenuhi Tugas Softskill (Desain Permodelan Grafik) semester 5 tahun ajaran (2016/2017)

Pembahasan :  Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM

Mata kuliah : Desain Permodelan Grafik



BAB 4
CONTOH KASUS

Harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah, yang mensubsidi dan mengatur penjualan bahan bakar bensinsolar (diesel), dan Minyak Tanah secara eceran melalui Pertamina. Bahan Bakar Minyaksebagai komoditas penting yang digunakan hampir setiap orang, harganya dapat memengaruhi kinerja ekonomi indonesia Oleh karena itu penetapan harga bahan bakar minyak sangat penting. Harga bahan bakar minyak juga menjadi penentu bagi "besar kecilnya" defisit anggaran.
Tetapi harga bahan bakar minyak pada sisi yang lain dapat membebani rakyat miskin, apabila penetapannya tergolong tinggi. Tak
jarang penetapan harga bahan bakar minyak selalu diikuti kenaikan harga-
harga bahan lainnya, walaupun tidak ada komando bagi kenaikannya sebagaimana kenaikan harga bahan bakar minyak.
Pada contoh kasus ini kenaikan harga BBM terutama pada Premium . Dibawah ini adalah tabel perubahan harga dari tahun 2004 – 2014.



Berdasarkan tabel di atas dapat kita lihat bahwa harga bahan bakar mengalami kenaikan dan penurunan dari tahun ke tahun. Dari tabel di atas data akan disajikan menggunakan 3 buah diagram yaitu sankey, stepped dan scatter.


4.1 Penyajian Data Diagram Sankey



Contoh kasus yang digambar pada Sankey Diagram. Terdapat dua kolom. Di kolom kiri adalah kolom Tahun, dan kolom kanan adalah kolom Harga. Pada kolom Tahun terdapat 10 kolom. Dan kolom harga juga sebenarnya 10 kolom. Namun Sankey membuatnya menjadi satu kolom jika datanya bernilai sama. Yaitu kolom harga 4500 terdapat 5 kolom tahun dengan harga BBM yang sama pada tahun tersebut. Begitupula pada harga 5500 terdapat 2 Tahun yang sama harga BBMnya. Dan sisanya dengan data harga yang berbeda di tahun 2008, 2013, 2014. Sankey mengurutkan data dari yang terendah hingga tertinggi (ascending sort).

4.2 Penyajian Data Stepped Area Chart



Berdasarkan dari tabel perubahan harga bahan bakar (permium) kita akan membuat diagram Stepped. Pada gambar di atas terdapat sumbu x mewakili range tahun di mulai dari 2007 hingga 2014. Pada sumbu Y terdapat range harga bensin di mulai dari 900 hingga 9000 berdasarkan tabel di atas.
Pada diagram stepped di atas terdiri dari 10 data yang mewakili kordinat harga dan tahun pada sumbu y dan x. Dari diagram di atas kita apat ketahui bahwa harga bensi pada tahun 2007 adalah sebesar 5500 dan mengalami kenaikan pada tahun 2008 sebesar 6000. Namu dari tahun 2009 hingga 2012 harga bahan bakar premium mengalami kestabila harga dimana harga tetap bertahan pada angka 4500. Pada tahun 2013 harga bahan bakar kembali naik ke angka 6500. Pada tahun berikutnya bahan bakar kembali mengalami kenaikkan sebesar 8500.


Dari diagram di atas dapat kita simpulkan bahwa harga bahan bakar bensi (premium) mengalami kenaikan, penurunan serta mengalami kestabilan harga pada pertengahan tahun selama 4 tahun. Kenaikkan harga bahan bakar di sebabkan oleh pemerintah mengurangi angggaran untuk bahan bakar bersubsidi hal ini sontak membuat banyak perubahan dimana semua harga pokok mengalami kenaikan pasca kenaikan harga bahan bakar subsidi.
Pada pertengahan tahun harga bahan bakar mengalami penurunan dan stabil di angka 4500 selama 4 tahun namun hal ini tidak menurunkan harga bahan pokok dan lainnya seperti naiknya harga bahan bakar diiringi oleh kenaikan harga bahan pokok tetapi justru kembali turunnya harga bahan bakar tidak membuat turunnnya kembali harga bahan pokok. Sehingga kenaikan harga bahan bakar memiliki efek yang besar untuk semua kalangan dimana banyak sekali orang memilih bensi bersubsisdi di bandingkan bensin non subsidi yang harga jauh lebih mahal. Jadi dapat di simpulkan bahwa kenaikan harga bahan bakar akan diikuti oleh kenaikan harga bahan pokok sedangkan penurunan harga bahan bakar tidak kembali menurunkan harga bahan pokok.


4.3 Penyajian Data Diagram Scatter


Dari tabel di atas kita akan menyajikan data menggunakan diagram scatter. Diagram scatter adalah alat untuk menganalisis hubungan antara dua variabel. Satu variabel diplot pada sumbu horizontal dan yang lainnya diplot pada sumbu vertikal. Ketika diagram scatter menunjukkan adanya hubungan, hal ini belum tentu menunjukkan antara kedua variabel tersebut memiliki hubungan sebab akibat.
Scatter diagram di atas sumbu x terdapat range tahun yaitu berisi tahun tahun perubahan harga bensin. Pada sumbu Y mewakili range harga bensin di mulai dengan 900 hingga 9000 bedasarkan tabel diatas.
Pada diagram stepped di atas terdiri dari 10 data yang mewakili kordinat harga dan tahun pada sumbu y dan x. Dari diagram di atas kita apat ketahui bahwa harga bensi pada tahun 2007 adalah sebesar 5500 dan mengalami kenaikan pada tahun 2008 sebesar 6000. Namu dari tahun 2009 hingga 2012 harga bahan bakar premium mengalami kestabila harga dimana harga tetap bertahan pada angka 4500. Pada tahun 2013 harga bahan bakar kembali naik ke angka 6500. Pada tahun berikutnya bahan bakar kembali mengalami kenaikkan sebesar 8500.
Perbedaan dari stepped area chart dengan diagram scatter adalah scatter tidak memiliki penghubung antara titik kordinat sedangkan diagram stepped memili penghubung antara titik koordinat berupa siku siku sehingga menyerupai anak tangga yang naik ke atas turun ke bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar