Kamis, 19 Januari 2017

Bab 1 - Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM

Memenuhi Tugas Softskill (Desain Permodelan Grafik) semester 5 tahun ajaran (2016/2017)

Pembahasan :  Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM

Mata kuliah : Desain Permodelan Grafik



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas izin-Nya jugalah kami dapat menyelesaikan buku yang berjudul ”Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM”. Buku ini disusun berdasarkan materi dan memenuhi tugas softskill yang dapat mendorong berkembangnya kompetensi mahasiswa/i. Diharapkan mahasiswa/i dapat menggunakan buku ini sebagai referensi pelajaran berdasarkan petunjuk dari dosen.
Buku ini dilengkapi dengan penjelasan materi mengenai Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM. Materi yang dipaparkan tidak hanya materi mengenai Visualisasi Perubahan Harga BBM , namun dilengkapi dengan contoh kasus. Diharapkan mahasiswa/i dapat memahami materi dan pemanfaatan Visualisasi Diagram Perubahan Harga BBM.
Penulis menyadari bahwa sulitnya percetakan notasi dan gambar pada buku ini masih sangat banyak kesalahan cetak maupun kekurang sempurnaan gambar yang terjadi. Semoga dalam cetakkan berikutnya dapat dilakukan koreksi dan perbaikan. Disamping kesalahan cetak tersebut, susunan dan isi buku ini pun masih belum memadai, karena itulah segala kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

                                                                                       Depok, Januari 2017

                                                                                            Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang
    Diagram adalah suatu representasi simbolis informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi. Kadang Teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi tiga Dimensi yang kemudian diproyeksikan kepermukaan dua dimensi. Diagram digunakan untuk menunjukkan atau menggambarkan tahapan atau langkah langkah untuk mencapai suatu sasaran dan juga sebagai penyederhana sesuatu yang komplek sehingga dapat memperjelas penyajian data. Visualisasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk menyajikan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Contoh dari hal ini meliputi lukisan di dinding-dinding gua dari manusia purba, bentuk huruf higrolip Mesir, sistem geomtri Yunani, dan teknik pelukisan dari Leonardo Da Vinci untuk tujuan rekayasa dan ilmiah. Pada saat ini visualisasi telah berkembang dan banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, visualisasi disain produk,pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran, dll. Pemakaian dari grafika komputer merupakan perkembangan penting dalam dunia visualisasi, setelah ditemukannya teknik garis perspektif pada zaman Renaissance. Perkembangan bidang animasi juga telah membantu banyak dalam bidang visualisasi yang lebih kompleks dan canggih.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang berkenaan dengan visualisasi diagram Perubahan Harga BBM Menggunakan Edraw Max. Untuk itu penulis merumuskan masalah,sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan diagram Scatter, Sankey dan Stapped?
2. Apa saja perangkat lunak untuk membuat diagram?
3.Contoh pemanfaatan perangkat lunak untuk diagram Sankey, Scatter dan Stapped?

1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas,maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut:
1.Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Sankey,Scatter dan Stapped
2.Untuk mengetahui perangkat lunak apa saja yang digunakan
3.Untuk mengetahui pemanfaatan perangkat lunak

Senin, 27 Juni 2016

Tugas 4.1 Pengantar Web Science - Rangkuman

Sejarah Web Science

Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN  menginformasikan bahwa WWW (word wide web) dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.


Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Science awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. sangat berambisi untuk mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran WWW (World Wide Web). Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting. Aktifitas WSRI fokus pada artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.

Definisi Web Science

Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Web atau Website merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya.
Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

           1.      Web Dinamis
           2.      Web Statis
           3.      Web Interaktif

Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.

Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

Metodelogi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya Leung, 2001. Sebagai contoh laporan riset Fetterly, 2004 menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman melakukan perubahan setiap minggu.

Arsitektur Web khususnya Web Science

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna.

Hal lain yang harus Anda ingat adalah setiap halaman website hendaknya tidak lebih dari 2 (dua) level kedalaman atau 2 (dua) kali klik dari halaman depan (home). Bila tidak, spider tidak akan membuat indeks semua halaman website. Halaman depan (home page) website harus memiliki tautan ke halaman-halaman utama, baik melalui isi halaman depan maupun melalui menu website.

Security pada Web Science

Suatu tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya ygbertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb. Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama CIA.

CONFIDENTIALITY
Confidentiality memiliki makna bahwa data-data ataupun informasi-informasi yang berada di dalam sebuah website hanya dapat di baca atau di akses oleh orang-orang yang memang memiliki kewenangan untuk mengaksesnya.
     
INTEGRITY
Integrity memiliki pengertian data-data yang berada didalam server atau website hanya dapat diubah ataupun di delete oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu.

AVAILABILITY
Jika confidentiality bermakna hanya user yang memiliki kewenangan yang dapat melihat
data tertentu yang tersimpan didalam sebuah server atau website, availability memiliki makna
bahwa website harus dapat diakses jika user ingin meggunakannya. 

Kelebihan dan Kekurangan Web Science 

Dinas Pendidikan merupakan unsur pelaksana pemerintahan daerah, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Disini saya memilih website lembaga Dinas Pendidikan kota DKI Jakarta yaitu http: //disdik.jakarta.go.id/.

Kelebihan :
·         Informasi yang lengkap dan terkini. Berita yang ditampilkan diupdate secara terkini, memudahkan kepada institusi pendidikan untuk mendapatkan informasi.
·         Dilengkapi dengan situs eksternal. Situs eksternal ini dapat menghubungkan kita dengan lembaga lembaga yang berkaitan dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
·         Terdapat kontak pelayanan masyarakat untuk saran dan masukan kepada pemerintah kota dalam dunia pendidikan.
·         Slogan yang sangat menarik yaitu "say no to drug"
Kekurangan :
·         Tidak terdapat fitur pencarian/search.
·         Banyak terdapat submenu yang tidak berguna, karena tidak dapat diklik pada submenu tersebut. Misalnya pada menu sekolah, seluruh submenunya tidak dapat diklik.
·         Desain website yang terlalu simple.
·         Loading website yang cukup lama.

Etika dalam membuat web Science

Hal yang harus diperhatikan dalam sebagai pengguna internet yaitu :
  • Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya,bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.    
  • Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.      
  • Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.

  

Konten yang harus diutamakan

Konten yang berkualitas memang mempunyai idealis tersendiri bagi pembaca dan juga sebagai pemilik konten tersebut. banyak topik yang membahas hal ini namun persaingan konten untuk saat ini sangat keras sekali sehingga mau tidak mau kita pengelola website dan blog harus membangun konten yang berkualitas juga.

Konten berkualitas bukan hanya mengacu pada mesin pencari namun juga mengacu pada minat pembaca. ide dan melakukan riset keyword yang tepat belum tentu bisa mendatangkan trafik yang banyak, karena perlombaan diserp saat ini sangat ketat sekali dan juga algoritma hummingbird dari google selalu mengangkat bendera kuning dan merah.

METADATA WEB SCIENCE
Istilah metadata mulai sering muncul dalam literature tentang database management systems (DBMS) pada tahun 1980 an. lstilah tersebut digunakan untuk menggambarkan informasi yang diperlukan untuk mencatat karakteristik informasi yang terdapat pada pangkalan data. Banyak sumber yang mengartikan istilah metadata. Metadata dapat diartikan sumber, menunjukan lokasi dokumen, serta memberikan ringkasan yang diperlukan untuk memanfaat-kannya.

FUNGSI METADATA :
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
·         membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan
·         mengidentifikasi sumberdaya
·         mengelompokkan sumberdaya yang serupa
·         membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
·         memberikan informasi lokasi

JENIS MEDATA :
  • Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
  • Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab. 
  • Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.

Aplikasi Web Berbasis Mobile                                                                                   

Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapatdiunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. Yahoo! Messenger berada di bawah naungan Yahoo! Inc.
Perbedaan Aplikasi Mobile dengan Aplikasi Web Desktop

·         Fitur Aplikasi Mobile dan Aplikasi Web Desktop
  Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa aplikasi mobile bukanlah aplikasi web. Perbedaannya adalah pada kedua sifat fitur dan jumlah fitur yang    disediakan. Aplikasi mobile mempunyai beberapa fitur baru. Aplikasi mobile akan terlihat sangat berbeda dari aplikasi web. 

·         Interaksi User
Cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi mobile dan aplikasi web tradisional sangatlah berbeda. Dengan kemampuan layar sentuh untuk berinteraksi bagi pengguna smartphone yang berbasis accelerometermaupun kompas, sebuah aplikasi mobile memang dibangun secara berbeda. Contohnya adalah aplikasi game mobil (car game), 
·         Location Awareness
Pemetaan lokasi adalah sesuatu yang baru untuk smartphone. Google ,Local SearchFoursquare, dan banyak aplikasi mobile lainnya memanfaatkan GPS yang telah disematkan ke dalam smartphone. Aplikasi web yang menggunakan pemetaan lokasi juga, namun hanya dibatasi dari pengkodean negara dan tidak secara detail.
·         Push Notification
Pengguna aplikasi banyak yang menginginkan pemberitahuan peristiwa atau info penting seperti e-mail dan pesan masuk. Dan smartphoneadalah platform terbaik untuk pemberitahuan, karena smartphone dekat dengan pengguna hampir sepanjang waktu. Selain pemberitahuan seperti e-mail atau pesan masuk, layanan apa pun juga dapat dikirimkan sebagai pemberitahuan kepada pengguna     smartphone.

Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web

Komunikasi pembelajaran adalah proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain supaya mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien. Contoh Komunitas pembelajar berbasis web  adalah http://clearos.or.id/. Clearos adalah sebuah situ komunitas yang  didesain khusus untuk digunakan sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka berbasis web. Komunitas pengguna Linux Server ClearOS Indonesia. Didirikan pertama kali tanggal 25 Agustus 2010 dengan tujuan menjadi wadah komunikasi dan diskusi bagi para pengguna Linux ClearOS di Indonesia. ClearOS adalah linux server yang digunakan untuk level Perusahaan, Kantor, Organisasi, Lembaga pendidikan dan penggunaan peribadi. 

Pembelajaran Forum pada V class

Apa itu Vclass ? adalah salah satu layanan yang ada di Universitas Gunadarma yang berbasis virtual. Melalui layanan ini kita dapat mengetahui bacaan, forum, kuis, tugas, dan banyak lagi. Selain itu juga kita dapat mengikuti kursus sesuai dengan jurusan yang kita pilih melalui layanan ini.

Virtual class ini dilaksanakan maksimal 3x dalam 1 semester pada setiap dosen biasanya vclass ini digunakan ketika dosen sedang berhalangan hadir  (tidak masuk).

Kelebihan V-Class:
·         Mahasiswa dapat mempelajari materi yang diberikan oleh dosen
·         Efisiensi waktu
·         Mengerjakan tugas
·         V class memiliki forum tanya jawab dengan dosen

Kekurangan V Class:
·         Tidak ada interaksi yang baik antara mahasiswa dan dosen
·         Menghambat dalam proses Pembelajaran
·         Mahasiswa lebih cenderung pasif


·         

     

Sabtu, 07 Mei 2016

Tugas 3.3 Pengantar Web Science - Pembelajaran Forum pada V class



Apa itu Vclass ? adalah salah satu layanan yang ada di Universitas Gunadarma yang berbasis virtual. Melalui layanan ini kita dapat mengetahui bacaan, forum, kuis, tugas, dan banyak lagi. Selain itu juga kita dapat mengikuti kursus sesuai dengan jurusan yang kita pilih melalui layanan ini. Tidak hanya itu, misalkan Dosen yang mengajar kita tidak masuk ke kelas, dia memberikan Tugas atau Kuis melalui layanan sebagi berikut :

Virtual class ini dilaksanakan maksimal 3x dalam 1 semester pada setiap dosen biasanya vclass ini digunakan ketika dosen sedang berhalangan hadir  (tidak masuk) atau sesuai kesepakatan antara dosen dan mahasiswa  yang digantikan dengan v-class. Sebenernya v-class memiliki bobot sama dengan ketika tatap muka di kelas.

V-class dapat diakses dengan mengunakan username studentsite khusus mahasiswa dan username staffsite khusus untuk dosen.
  
Kelebihan V-Class:
-Mahasiswa dapat mempelajari materi yang diberikan oleh dosen
-Efisiensi waktu
-Mengerjakan tugas
-V class memiliki forum tanya jawab dengan dosen
Kekurangan V Class:
-Tidak ada interaksi yang baik antara mahasiswa dan dosen
-Menghambat dalam proses Pembelajaran
-Mahasiswa lebih cenderung pasif

Menurut Pendapat saya , Virtual Class sebenernya sudah sangat bermaanfaat bagi mahasiswa karena menambah wawasan dalam pembelajaran dan dapat juga mendowload materi yang diberikan oleh dosen untuk mengerjakan soal – soal.Virtual Class  juga dapat di kerjakan mahasiswa kapan saja sampai batas waktu pengerjaan.


Tugas 3.2 Pengantar Web Science - Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web

Sebelum masuk ke Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web. Kita harus mengetahui apa itu komunikasi pembelajaran ? Komunikasi pembelajaran adalah proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain supaya mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien. 

Macam – macam Komunikasi pembelajaran

Ada 2 jenis yaitu :

1.      Secara Langsung
Seorang guru/dosen memberikan pelajaran secara langsung dengan bertatap muka dengan para siswa dalam suatu ruangan ataupun di luar ruangan dalam konteks pembelajaran. Seperti yang terjadi di sekitar kita mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

2.      Secara Tidak Langsung
Guru/dosen dapat memberikan suatu pembelajaran melalui suatu media tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan siswa. Dan siswapun dapat memperoleh informasi secara luas melalui media tersebut. Seperti model sekolah jarak jauh yaitu memanfaatkan media internet sebagai alat untuk pembelajaran.

Contoh Komunitas pembelajar berbasis web  adalah http://clearos.or.id/. Clearos adalah sebuah situ komunitas yang  didesain khusus untuk digunakan sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka berbasis web



Komunitas pengguna Linux Server ClearOS Indonesia. Didirikan pertama kali tanggal 25 Agustus 2010 dengan tujuan menjadi wadah komunikasi dan diskusi bagi para pengguna Linux ClearOS di Indonesia.

ClearOS adalah linux server yang digunakan untuk level Perusahaan, Kantor, Organisasi, Lembaga pendidikan dan penggunaan peribadi. Ada dua pilihan versi ClearOS yaitu ClearOS Community yang bersifat gratis dan ClearOS Professional yang berbayar dengan dukungan teknis resmi.

Daftar Pustaka

Tugas 3.1 Pengantar Web Science - Aplikasi Web Berbasis Mobile





Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapatdiunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. Yahoo! Messenger berada di bawah naungan Yahoo! Inc. ,yang merupakan sebuah perusahaanpublik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News,iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Perbedaan Aplikasi Mobile dengan Aplikasi Web Desktop

1.Fitur Aplikasi Mobile dan Aplikasi Web Desktop
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa aplikasi mobile bukanlah aplikasi web. Perbedaannya adalah pada kedua sifat fitur dan jumlah fitur yang disediakan. Aplikasi mobile mempunyai beberapa fitur baru. Aplikasi mobile akan terlihat sangat berbeda dari aplikasi web. Pertama, dilihat dari ukuran layar pada smartphone pasti tidak sama dengan ukuran layar desktop. Pada aplikasi web di mana layar lebih besar, dan memiliki lebih banyak ruang untuk menu, toolbar, dan widget. Pengguna smartphone dan pengguna web memiliki niat yang berbeda. Pengguna smartphone ingin menggunakan aplikasi di mana saja, mendapatkan produktivitas maksimum dengan tenaga sedikit. Pada perbedaan tersebut, fitur yang paling produktif (atau paling sering digunakan) disorot adalah pada smartphone. Aplikasi mobile menyediakan semua fitur atau bagian fitur darinya. Beberapa bagian fitur dari aplikasi mobile akan menjadi keunggulan dari aplikasi web.

2. Interaksi User
Cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi mobile dan aplikasi web tradisional sangatlah berbeda. Dengan kemampuan layar sentuh untuk berinteraksi bagi pengguna smartphone yang berbasis accelerometermaupun kompas, sebuah aplikasi mobile memang dibangun secara berbeda. Contohnya adalah aplikasi game mobil (car game), di mana mobil bermanuver dengan memiringkan ponsel ke kiri atau ke kanan. Hal ini didasarkan pada fituraccelerometer sebuah smartphone.
Contoh lainnya adalah aplikasi peta yang selalu menunjuk ke arah utara setiap kali pengguna merubah arah telepon genggamnya. Hal ini didasarkan pada fitur kompas.

3. Location Awareness
Pemetaan lokasi adalah sesuatu yang baru untuk smartphone. Google MapsLocal SearchFoursquare, dan banyak aplikasi mobile lainnya memanfaatkan GPS yang telah disematkan ke dalam smartphone. Aplikasi web yang menggunakan pemetaan lokasi juga, namun hanya dibatasi dari pengkodean negara dan tidak secara detail.

4. Push Notification
Pengguna aplikasi banyak yang menginginkan pemberitahuan peristiwa atau info penting seperti e-mail dan pesan masuk. Dan smartphoneadalah platform terbaik untuk pemberitahuan, karena smartphone dekat dengan pengguna hampir sepanjang waktu. Selain pemberitahuan seperti e-mail atau pesan masuk, layanan apa pun juga dapat dikirimkan sebagai pemberitahuan kepada pengguna smartphone. Lain halnya bagi pengguna aplikasi web, pengguna harus selalu login ke sebuah aplikasi web untuk menyelesaikan alur kerja yang melibatkan dia, akan jauh lebih produktif untuk aplikasi untuk memberitahu pengguna bahwa ia harus melakukan tindakan untuk menyelesaikan alur kerja. Dengan cara ini, pengguna selalu produktif, terlepas dari apakah dia dekat dengan laptop-nya atau desktop.

Ada 2 cara agar Web dapat compatible dengan versi Mobile

1.      Redirect ke Domain Khusus untuk Tampilan Mobile atau Smartphone

Cara ini adalah cara yang sudah umum namun kendala yang saya temui beberapa diantaranya kebingungan mendeteksi media yang dipakai untuk membuka website tersebut ketika di akses di domain utama (www).

Untuk kasus di sini saya akan memberikan contoh, Yahoo Messenger. www.yahoomessenger.com adalah sebuah domain yang aksesiliasinya dapat dilakukan melalui PC. Sudah tau kan kalo temen-temen membuka.Yahoo Messenger dari HP apa yang terjadi? Ya benar, Yahoo mengalihkan kita ke situs versi selulernya(mobile), yakni m.yahoomessenger.com.

2.     Multipel Template File

Cara kedua ini akan sangat efektif bila membuat website menggunakan konsep konsep file menu. Karena bila menggunakan konsep file menu kita hanya menyediakan 2 file saja yakni header dan footer selanjutnya tinggal mendesain tampilan menggunakan css.

Kesimpulan : 

Yahoo Messenger dapat di akses melalui pc dan mobile karena  sistem yang digunakan dengan cara terkoneksi.Pada disaat yahoo messenger  dibuka melalui mobile secara otomatis Yahoo akan mengalihkan situs ke versi mobile, yaitu m.yahoomessenger.com . Begitu juga dibuka melalui PC Yahoo Messenger akan otomatis mengalihkan Yahoo Messenger ke versi PC atau domain utama www.yahoomessenger.com. Sebaiknya web di bentuk dengan compatible yaitu versi web dan versi mobile karena pengguna sering mengunakan gadget (mobile).

Daftar Pustaka