Senin, 24 Juli 2017

Bab 1 - Game Simulasi Mobil Controller Arduino

Memenuhi Tugas Softskill (Pengantar Teknologi Game) semester 6 tahun ajaran (2016/2017)

Pembahasan :  Game Simulasi Mobil Controller Arduino

Mata kuliah : Pengantar Teknologi Game


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas izin-Nya jugalah kami dapat menyelesaikan buku yang berjudul ”Game Simulasi Mobil Controller Arduino”. Buku ini disusun berdasarkan materi dan memenuhi tugas softskill yang dapat mendorong berkembangnya kompetensi mahasiswa/i. Diharapkan mahasiswa/i dapat menggunakan buku ini sebagai referensi pelajaran berdasarkan petunjuk dari dosen. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan materi mengenai Simulasi mengendari Mobil dan pada saat user menginginkan tantangan dalam game game developer menyediakan tantangan seperti balap mobil, tantangan waktu serta ketangkasan dalam mengendarai mobil. Materi yang dipaparkan tidak hanya materi mengenai simulasi game mobil , namun dilengkapi dengan contoh kasus. Diharapkan mahasiswa/i dapat memahami tentang simulasi mengendarai mobil agar lebih memahami simulasi untuk di aplikasikan kedalam kehidupan sehari hari. Penulis menyadari bahwa sulitnya percetakan notasi dan gambar pada buku ini masih sangat banyak kesalahan cetak maupun kekurang sempurnaan gambar yang terjadi. Semoga dalam cetakkan berikutnya dapat dilakukan koreksi dan perbaikan. Disamping kesalahan cetak tersebut, susunan dan isi buku ini pun masih belum memadai, karena itulah segala kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Depok, Juli 2017
Penyusun 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Simulasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses peniruan. Simulasi adalah tiruan dari fasilitas atau proses dari suatu operasi, biasanya menggunakan komputer. Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu. Teknik simulasi adalah teknik untuk merepresentasikan atau meniru kondisi real (suatu sistem nyata) dalam bentuk bilangan dan simbol (dengan memanfaatkan program komputer), sehingga menjadi mudah untuk dipelajari. Simulasi dari sebuah sistem adalah pengoperasian dari sebuah model suatu sistem. Sebuah Model dapat dikonfigurasi dan dilakukan percobaan, biasanya hal ini tidak mungkin terjadi. Karena mahalnya biaya dan tidak praktis untuk dilakukan dalam sistem yang diwakilinya. Simulasi digunakan sebelum sebuah sistem dibangun, untuk mengurangi kemungkinan kegagalan, untuk menghilangkan kemacetan tak terduga, untuk mencegah under atau over- pemanfaatansumber daya, dan untuk mengoptimalkan kinerja sistem. Menurut Floyd Jerome Gould (dalam buku Introductory Science, 1993) menyebutkan bahwa “The basic idea of simulation is to build an experimental device, or simulator that will ‘actlike’ (simulate) the system of interest in certain important aspect in a quick, cost effective manner”. Sedangkan menurut Sandi Setiawan (dalam buku Teknik Pemrograman, 1991), menyatakan bahwa simulasi adalah “ proses perancangan model dari suatu sistem nyata dan pelaksanaan eksperimen-eksperimen dengan model ini untuk tujuan memahami tingkah laku system”

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang berkenaan dengan simulasi game mobil menggunakan controler arduino. Untuk itu penulis merumuskan masalah,sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan game simulasi dan controller arduino?
2. Apa saja perangkat lunak yang digunakan?
3. Bagaimana implementasi arduino pada game simulasi mobil?

1.3 Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas,maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut:
1.Mengetahui apa yang dimaksud dengan game simulasi dan controler arduino.
2.Mengetahui perangkat lunak apa saja yang digunakan.
3.Mengetahui pemanfaatan arduino dalam game 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar