Senin, 24 Juli 2017

Bab 5 - Game Simulasi Mobil Controller Arduino

Memenuhi Tugas Softskill (Pengantar Teknologi Game) semester 6 tahun ajaran (2016/2017)
Pembahasan :  Game Simulasi Mobil Controller Arduino
Mata kuliah : Pengantar Teknologi Game

 BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Pada buku ini menyajikan informasi atau memberikan tuntunan kepada pembaca untuk mengetahui apa yang disampaikan didalam buku tersebut.Sebuah buku panduan dikatakan berhasil apabila panduan yang disampaikan didalam buku tersebut dapat dipahami dan diterapkan dengan baik oleh pembacanya.Buku tentang game arduino “Game Simulasi Mobil Controller Arduino” ini dimaksudkan untuk memberikan data kepada pembaca untuk mengetahui game berbasis arduino. Peran arduino disini sebagai media perantara untuk membuat komputer sendiri jadi kita dapat merasakan serta lebih mengontrol “dunia fisik” daripada komputer desktop.
Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.
Arduino merupakan suatu  platform open source (sumber terbuka) yang dipakai untuk membuat sebuah proyek-proyek elektronika. Arduino terdiri dari dua tahap mutlak yaitu suatu  papan sirkuit fisik (tidak jarang disebut juga dengan mikrokontroler) serta suatu  perangkat lunak alias IDE (Integrated Development Environment) yang berlangsung pada komputer. Perangkat lunak ini tak jarang disebut Arduino IDE yang dipakai untuk menulis serta meng-upload kode dari komputer ke papan fisik (hardware) Arduino. Ketika menuturkan Arduino maka ada dua faktor yang terlintas dalam pikiran para pemakainya, yaitu hardware serta aplikasi. Dua tahap ini seakan satu kesatuan utuh yang tak dapat di pisahkan.
Arduino dapat digunakan untuk mengembangkan objek interaktif, mengambil masukan dari berbagai switch atau sensor, dan mengendalikan berbagai lampu, motor, dan output fisik lainnya. Proyek Arduino dapat berdiri sendiri, atau berkomunikasi dengan perangkat lunak (software) yang berjalan pada komputer Anda (misalnya Flash, Pengolahan, MaxMSP.) Board dapat dirakit dengan tangan atau dibeli; open-source IDE dapat didownload secara gratis.
Hardware serta aplikasi Arduino dirancang bagi para seniman, tampilaner, pe-kegemaran, peretas, pemula serta siapapun yang berminat untuk menciptakan objek interaktif serta pengembangan lingkungan. Arduino sanggup berinteraksi dengan tombol, LED, motor, speaker, GPS, kamera, internet, handphone pintar bahkan dengan televisi anda. Fleksibilitas ini dihasilkan dari kombinasi keterdapatan aplikasi Arduino yang gratis, papan perangkat keras yang terjangkau, serta keduanya yang mudah untuk dipelajari. Faktor inilah yang menciptakan jumlah pemakai menjadi suatu  komunitas besar dengan beberapa kontribusinya yang sudah dihadirkan pada beberapa proyek dengan berbasiskan Arduino.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Arduino, 2012.Arduino UNO, http://www.arduino.cc/en/Main/ ArduinoBoardUno,diakses pada 14 Februari 2013. (Diakses tanggal 13 Juli 2017)
  2. Cerdas,Gerai. 2012. EasyVR - Voice Recognition, http://www.geraicerdas.com/ easyvr-voice-recognition (Diakses tanggal 17 Juli 2017)
  3. DfRobot, 2012. 5-DOF Robotic Arm (SKU:ROB0032), http://www.dfrobot.com/wiki/index.php/5-DOF_Robotic_Arm_%28 SKU:ROB0032%29 (Diakses tanggal 10 Juli 2017)
  4. http://pelajarankitasemua.blogspot.co.id/2010/03/pengertian-dan-jenis-game-simulasi.html (Diakses tanggal 10 Juli 2017)
  5. Hamori, Akos dkk, 2011, 3DOF Drawing Robot Using Lego NXT. Alba Regia University Center, Obuda University, Hungaria.(Diakses tanggal 13 Juli 2017)
  6. Innovative, 2012. SPC SERVO MOTOR CONTROLLER, http://www.innovativeelectronics.com/innovative_electronics/ pro_spcservo.htm, (Diakses tanggal 06 Juli 2017)
  7. Syafruddin, Raden Muhammad dan Fitri, 201sss2, Perancangan Sistem Kendali Gerak Lengan Robot Pengikut Gerak Lengan Manusia Berbasis Mikrokontroller, Skripsi, Program Sudi Teknik Informatika, STMIK GI MDP, Palembang.(Diakses tanggal 17 Juli 2017)
  8. Yetim, Coskun, 2009, Kinematic Analysis For Robot Arm, Electrical And Electronics Faculty Department Of Computer Engineering, Yildiz Technical University, Istanbul.(Diakses tanggal 13 Juli 2017)
  9. https://game-savero.blogspot.co.id/2013/05/pengertiansejarahjenis-jenis-tentang.html(Diakses tanggal 10 Juli 2017)
  10. https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/pengertian-game/(Diakses tanggal 06 Juli 2017) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar